Berita

Dukungan PCINU Mesir Terhadap Laporan FAAMI Tentang Penistaan Simbol Al-Azhar

Grand Syaikh Al-Azhar Saat Mengunjungi Indonesia
Written by Muhammad Arief

Mesir, ASWAJAONLINE.COM – Menanggapi laporan Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia (FAAMI) kepada Polda Metro Jaya terkait dugaan penistaan dan penyebaran fitnah terhadap Pimpinan Tertinggi Institusi Al-Azhar, Mesir Grand Syekh Ahmad Al-Thayyib, ternyata mendapatkan banyak respon positif. Salah satunya berasal dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir.

Seperti diketehaui bahwa Al Imam Al Akbar Prof. Dr. Ahmad At Thayyib, Syeikh Al Azhar Asy Syarif menyeru kepada upaya perdamaian dan toleransi antar ulama umat dan menjauhkan perpecahan dan ta’ashub madzhab yang merusak, dengan memberikan pujian kepada pengalaman Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mempu mengumpulkan seluruh madzhab-madzhab yang ada dalam satu forum, demikian lansir Facebook resmi Al Azhar As Syarif (22/2/2016). Syeikh Al Azhar menyampaikan di sela-sela pertemuan dengan MUI, agar para ulama menyebarkan kepada seluruh pihak mengenai toleransi agama Islam dan sifatnya yang moderat yang menyeru kepada kehidupan bersama, menerima pihak lain serta dan tidak mengucilkannya, dengan memberi peringatan mengenai pemikiran ekstrim dan upaya memaksakan pemikiran dan madzhab kepada manusia.

Dalam menyikapi tujuan perdamaian tersebut, ternyata masih ada saja pihak yang tidak senang dengan sikap Al-Azhar As-Syarif yang diwakili oleh Grand Syaikh Dr. Ahmad At-Thayyib, yang toleran terhadap syiah. Salah satunya adalah akun facebook bernama Abu Aqila. Dia dalam postingannya dengan keji menyebarkan fitnah terhadap Syaikh Al-Azhar serta tidak lupa melakukan rekayasa foto tidak senonoh serta menghina simbol tertinggi Al-Azhar As-Syarif tersebut. Tak ayal penistaan ini ditanggapi oleh Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia dengan pelaporan kepada Polda Metro Jaya. Dalam perkembangannya, sikap FAAM ini mendapat banyak respon positif, salah satunya datang dari Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir.

Dalam surat pernyataan yang diposting di akun facebook resminya itu terdapat enam poin pernyataan PCINU Mesir. Pertama adalah Mendukung penuh pelaporan Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia (FAAMI) terhadap pemilik akun dimaksud. Kedua mereka Mengharap Polda Metro Jaya segera menindaklanjuti pelaporan. Poin ketiga mendorong semua pihak lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi segala bentuk perbedaan. Poin keempat adalah memperjuangkan persatuan dan kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara, serta mengelola perbedaan untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan beragama. Kelima mengajak semua warga NU memberikan dukungan baik berupa moril, materil, maupun spirituil terhadap upaya yang dilakukan FAAMI. Poin terakhir adalah mengajak semua warga NU memberikan dukungan baik berupa moril, materil, maupun spirituil terhadap upaya yang dilakukan FAAMI. Berikut ini adalah isi dari surat pernyataan tersebut:

PERNYATAAN SIKAP
Nomor: 01/A.1-h/PCINU/III/2016

Menyikapi laporan yang dilakukan oleh Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia (FAAMI) ke Polda Metro Jaya terkait adanya dugaan penistaan dan penyebaran fitnah terhadap Pimpinan Tertinggi Institusi Al-Azhar, Grand Syekh Al-Azhar Ahmad Muhammad Ahmad al-Thayyib, yang dilakukan oleh pemilik akun Facebook atas nama Abu Aqila. Dan demi mengingatkan yang bersangkutan, menghentikan tersebarnya berita yang tidak benar, dan menjaga integritas serta marwah Al-Azhar Al-Syarif dimana Grand Syeikh Al- Azhar merupakan simbol utamanya, maka Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Mesir menyatakan:

  1. Mendukung penuh pelaporan Forum Alumni Al-Azhar Mesir Indonesia (FAAMI) terhadap pemilik akun dimaksud.
  2. Mengharap Polda Metro Jaya segera menindaklanjuti pelaporan
  3. Mendorong semua pihak lebih arif dan bijaksana dalam menyikapi segala bentuk perbedaan
  4. Memperjuangkan persatuan dan kebersamaan dalam berbangsa dan bernegara, serta mengelola perbedaan untuk memperkaya khazanah pengetahuan dan beragama
  5. Mengajak semua warga NU memberikan dukungan baik berupa moril, materil, maupun spirituil terhadap upaya yang dilakukan FAAMI
  6. Menghimbau segenap eleman masyarakat untuk lebih berhati-hati dalam menyampaikan pendapat di media, megamalkan tuntutan Islam dalam menyampaikan pendapat, serta tetap menjaga Ukhuwwah Islîmiyyah (Persaudaraan Ummat Islam), Ukhuwwah Wathâniyyah (Persaudaraan Sebangsa) dan Ukhuwwah Insâniyyah (Persaudaraan Kemanusiaan) serta Ukhuwwah Basyariyyah (Persaudaraan Semesta).

Kairo, 1 Maret 2016

H.M. Nurul Ahsan, Lc. Hofid Eksan Rawi, Lc.
Ketua Tanfidziyah Sekretaris Tanfidziyah

Surat Dukungan PCINU Mesir Terhadap Laporan FAAMI Tentang Penistaan Simbol Al-Azhar

Surat Dukungan PCINU Mesir Terhadap Laporan FAAMI Tentang Penistaan Simbol Al-Azhar

Sumber: KBA News Mesir

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment