Berita

LPTNU Dirikan Asosiasi Bidang Komputer Dengan Nama Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU)

computer society of nahdlatul ulama - aswajaonline.com
Written by Muhammad Arief

ASWAJAONLINE.COM – Didirikannya asosiasi bidang komputer di kalangan Perguruan Tinggi NU (PTNU) merupakan upaya Lembaga Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama (LPTNU) dalam mengeratkan kerjasama antar PTNU khususnya dibidang Teknologi Informasi.

Ada banyak jurusan/program studi bidang komputer yang ada dibawah PTNU meliputi Teknik Informatika (Ilmu Komputer), Sistem Informasi, dan Teknik Komputer saat ini belum terwadahi dan belum terarahkan dengan baik. Dengan terbentuknya Asosiasi ini, LPTNU berharap kerjasama di bidang peningkatan mutu program studi bidang komputer, penerbitan jurnal ilmiah, sertifikasi profesi, kerjasama pemanfaatan laboratorium, riset, dan lain-lain bisa saling terkuatkan dan saling menunjang antar Perguruan Tinggi NU yang ada dengan keunggulan sumber daya yang beraneka ragam pula. Sehingga dengan penguatan-penguatan bagian tersebut, keberadaan akreditasi prodi dan kualitas penjaminan mutu PTNU akan terus meningkat dan terarah dengan baik.

Acara yang diselenggarakan di Kampus Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Nurul Jadid Paiton Probolinggo ini telah membidani kelahiran asosiasi bidang komputer PTNU dengan nama Computer Society of Nahdlatul Ulama’ (CSNU). Inisiasi pendirian CSNU ini bermula dari para pimpinan PTNU yang ada di Jawa Timur disaat LPTNU Jatim mengadakan roadshow pendampingan klinik akreditasi dan penjaminan mutu perguruan tinggi di berbagai titik di Jawa Timur. Keberadaan asosiasi prodi dianggap sangat penting untuk saling menguatkan, bekerjasama, dan saling mendongkrak kualitas program studi yang ada di masing-masing perguruan tinggi NU. Prodi bidang komputer menyambutnya dengan sangat antusias sehingga diinisiasilah Musyawarah Nasional CSNU pada tanggal 10 April 2016 di STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo ini dengan anggota seluruh pimpinan prodi komputer yang ada dibawah LPTNU.

Musyawarah Nasional CSNU diawali oleh paparan data keberadaan akreditasi prodi komputer oleh Bapak Mohammad Zikky, M.T yang juga Wakil Sekretaris LPTNU Jatim, beliau mengungkapkan bahwa diadakannya musyawarah asosiasi ini adalah rangka meningkatkan Perguruan Tinggi NU khususnya yang punya prodi dalam bidang computer, karena untuk daerah Jawa Timur saja yang merupakan basis PTNU, masih belum ada prodi atau jurusan komputer yang ter akreditasi A dan B, pemetaan yang ditemui semuanya rata-rata masih terakreditasi C.

Kemudian agenda utama seperti ulasan bidang kerja asosiasi, pembentukan jurnal ilmiah, dan sidang pleno pembahasan program kerja dipimpin langsung oleh dewan pakar LPTNU Jawa Timur Bapak DR. Agus Zainal Arifin, M.Kom. Di awal membuka agenda, beliau mengungkapkan bahwa “PTNU yang ada ini, khususnya yang memiliki program studi/jurusan di bidang komputer itu hendaknya bukan saling berkompetisi, melainkan harus saling berkolaborasi. Oleh karenanya, PTNU yang ada ini sangat diharapkan untuk saling membantu dan berkolaborasi dalam meningkatkan kualitas pendidikan tinggi di lingkungan NU”, ungkap Pak Agus Zainal yang juga Dekan Fakultas Teknologi Informasi (FTIf) ITS Surabaya ini dengan penuh semangat.

Beberapa keputusan penting yang dilahirkan dari musyawarah nasional CSNU ini antara lain adalah:

Tebitnya ADART CSNU yang salah satu poin penting didalamnya adalah bahwa keanggotaan CSNU terdiri dari perorangan dan institusi pendidikan tinggi komputer di lingkungan NU. Program kerja selama satu periode yang diputuskan bahwa satu periode kepengurusan berlangsung selama 3 tahun
Terbentuknya Jurnal bidang komputer dengan nama Nusantara Journal of Computers and Its Application. InsyaAllah akan terbit perdana pada bulan Juni 2016 ini. Kepengurusan inti CSNU periode 2016-2019 telah terbentuk dengan komposisi sebagai berikut:

Ketua CSNU: Najiburrahman Wahid, MA (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Wakil Ketua: Muhammad Ainul Yaqin, S.Kom (STT Qomaruddin Gresik)
Direktur Eksekutif: Kamil Malik, M.Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Sekretaris: Achmad Saiful Rizal, S.Kom (Universitas Yudharta Pasuruan)
Bidang Akademik dan Kemahasiswaan:
Agung Santoso, M.Kom (UMAHA Sidoarjo)
Fuad Hasyim, M.Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Noer Fadli Hidayat, M.Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

Bidang Kerjasama:

Ghofur, M. Kom (AMIK Ibrahimy Sukorejo Situbondo)
Furqon, M. Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Bachruddin, S.T (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Zaehol Fatah, M.Kom (AMIK Ibrahimy Sukorejo Situbondo)

Bidang organisasi:

Subkhan zamroni, S.Kom (Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Moch. Hatta (UMAHA Sidoarjo)
Isturom Arif, S.T., M.T (UMAHA Sidoarjo)
Andi Wijaya, M.Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)
Zainal Arifin, M. Kom (STT Nurul Jadid Paiton Probolinggo)

Bidang Penerbitan Jurnal:

Akhlis Munazilin, S.Kom, M.T (AMIK Ibrahimy Sukorejo Situbondo)
Ghulpi Qorik O.P., M.Kom (AMIK Ibrahimi Situbondo)
Miftahul Walid, S.Kom.,M.T (UIM Pamekasan)
Rahmad Zainul Abidin, M.Kom (Universitas Yudharta pasuruan)

Semoga dengan lahirnya CSNU ini bisa menjadi wadah yang terus mendorong kemajuan Pendidikan Tinggi dibawah LPTNU khususnya, dan kemajuan peradaban serta kemaslahatan masyarakat Indonesia di bidang komputer pada umumnya.

Sumber: KBAswaja

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment