Berita Tokoh

Abah Nafi, Kyai Khos Kajen Pati Tutup Usia di Turki

ASWAJAONLINE.COM - Abah Nafi Kyai Khos Pati Tutup Usia di Turki
Written by Muhammad Arief

Kabar mengejutkan datang dari Turki, Minggu (19/2). Ulama karismatik asal Pati, KH Nafi’Abdillah (70), tutup usia di negeri tersebut. Kiai yang akrab disapa Abah Nafi’ iitu menghembuskan napas terakhir di Rumah Sakit Bakirkoy, Istanbul, pukul 00.30 waktu setempat.

Penyebab wafatnya putra ulama khos NU KH Abdullah Salam ini diperkirakan kecapaian dan faktor udara dingin. Informasi yang dihimpun menyebutkan, Abah Nafi’ ke Turki setelah menjalani ibadah umrah. Sebelum ke Turki, ia mampir ke Uzbekistan.

Begitu kabar tersebut sampai di Pati, rumah duka almarhum di Desa Kajen, Kecamatan Margoyoso, Pati, ramai dikunjungi masyarakat, terutama kalangan kiai dan santri di lingkungan Kajen. Kabar tersebut dibenarkan Ketua Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI), KH Abdul Ghaffar Rozin. Dia mengaku baru rapat bersama keluarga untuk mengurus jenazah, kemarin petang.

Semalam, muncul informasi pemulangan jenazah dari Istanbul akan dilakukan Selasa (21/2) dini hari. Diperkirakan sampai Jakarta pada Selasa petang jam 18.30 dan tiba di Kajen jam 21.00. Kiai Nafi’sangat dihormati, baik di level Pati maupun nasional. Bahkan, banyak yang menyebut Abah Nafi’mirip dengan sang ayah, KH Abdullah Salam yang dikenal sebagai tokoh sufi. Kendati hidup di desa, Abdullah Salam banyak menjadi rujukan ulama dari penjuru negeri, tak terkecuali KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Bahkan, saat menjabat sebagai presiden, Gus Dur sempat ke Kajen untuk mengunjungi Abah Salam.

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment