Aswaja

Bedah Buku Khazanah Aswaja

Buku Khazanah Aswaja
Written by Muhammad Arief

ASWAJAONLINE.COM – Setelah Desember 2016 dan Januari 2017 Khazanah Aswaja buku terbaru tentang keaswajaan dan ke-NU-an dibedah secara serentak di berbagai tempat: (1) Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur, (2) PP Al-Muayyad Windan Solo, (3) PC Pergunu NU Jombang, dan (4) Institut Pesantren KH. Abdul Chalim (IKHAC) Mojokerto, rangkaian bedah buku keaswajaan yang sangat komprehensif juga sudah menanti di bulan Februari

Hadirnya buku KHAZANAH ASWAJA, yang mengulas seluruh aspek Aswaja, sejarah, fikih, tasawuf dan implementasinya di lingkungan NU-secara kongkret membuktikan konsistensi Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dalam mengemban amanah ilmiah untuk menghadapi tantangan kekinian. Harapannya, kehadiran buku ini menjadi langkah strategis dan secara substantif dapat diserap oleh NU di seluruh level secara nasional, sesuai kondisi dan tantangan yang dihadapi.

Menurut berbagai sumber, pada bulan Februari 2017 ini setidaknya ada tiga bedah buku Khazanah Aswaja yang diselenggarakan:

  1. 12 Februari 2017 dalam Rangkaian Kegiatan Haul Kesatu KH. Syamsul Ma’arif di PP Nurul Hidayah Kaliwungu Kendal Jawa Tengah, yang menghadirkan salah seorang Tim Penulis, Ust. Fathul Qodir, M.H.I.
  2. 19 Februari 2017 yang diselenggarakan oleh Aswaja NU Center PCNU Tulungagung Jawa Timur, yang menghadirkan dua Tim Penulis: Ust. Faris Khoirul Anam Lc., M.H.I. dan Ust. Ahmad Muntaha AM
  3. 24 Februari 2017 yang diselenggarakan oleh PP. Al-Hikmah 2 Brebes Jawa Tengah, yang juga menghadirkan dua Tim Penulis: Ust. M. Ma’ruf Khozin dan Ust Yusuf Suharto, S.Ag., M.Pd.I

Semaraknya rangkaian bedah buku mulai Desember 2016 sampai Februari 2017 mencerminkan semangat merefresh wawasan keaswajaan dan ke-NU-an di kalangan Nahdliyyin cukup tinggi. Di samping juga, apresiasi publik terhadap Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur secara umum dan apresiasi pada buku Khazanah Aswaja sebagai rujukan wawasan keaswajaan dan ke-NU-an secara khusus tampak nyata.

Buku ini menjelaskan secara lengkap ajaran Aswaja mulai dari Mafahim Aswaja, Aqidah Aswaja, fikih Aswaja, tasawuf Aswaja, dan kelompok aliran dalam sejarah umat Islam. “Buku kedua ini ditulis oleh tim yang diketuai KH Abdurrahman Navis,” kata pria yang juga koordinator Uswah Aswaja Center PWNU Jatim ini.

Bedah buku ini dilaksanakan agar warga NU kembali menguatkan pemahaman Ahlussunnah wal Jama’ah. “Pemahaman tentang ke-Aswajaan akan disampaikan oleh KH Abdurrahman Navis dan pembanding dari bedah buku adalah Ketua LP Ma’arif NU Jatim Prof Abdul Haris,”

Untuk penyelenggaraan bedah buku Khazanah Aswaja dapat menghubungi berbagai sumber seperti Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur di nomor: 0857-3270-4309.

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment