Hikmah

Sifat Lemah Lembutnya Rosulullah Terhadap Fuqoro’ dan Budak Tua

Sifat Lemah Lembut Baginda Nabi kepada Fakir Miskin
Written by Muhammad Arief

Diriwayatkan di dalam Shahih Al Bukhari dimana ketika Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam membagikan harta ghanimah kepada kaum faqir, maka disaat itu kaum fuqara’ pun banyak yang telah bergilir untuk mendapatkan bagian masing-masing

Namun di saat itu salah seorang bapak yang sangat tua renta berkata kepada anaknya dengan lemah lembut, “kita berangkat nanti agak sore saja nak.”

Maka sang anak berkata, “wahai ayah nanti kita akan terlambat dan tidak mendapatkan bagian.”

Si ayah menjawab, “jangan khawatir nak, aku tau betul sifat rasulullah, beliau akan tetap memberikan hak kita.”

Maka ketika sampai di tempat pembagian ghanimah, semua orang sudah pulang, maka si ayah berkata kepada anaknya, “nak, sekarang kamu panggil rasulullah.”

Si anak berkata, “ayah, pantaskah aku memanggil rasulullah hanya untuk hal seperti ini.”

Si ayah berkata, “wahai anakku, rasulullah bukan orang yang bengis tetapi beliau orang yang penuh lemah lembut.”

Si anak pun datang kepada rasulullah dan berkata, “assalamu’alaikum wahai Rasulullah, ayahku datang untuk berjumpa.”

Maka rasulullah menyambutnya dengan berkata, “selamat datang, ambillah bagianmu ini dari tadi aku telah menunggumu, dan jika engkau tidak datang maka aku yang akan mengantarkannya ke tempatmu.”

Rasulullah mengetahui pasti jumlah kaum fuqara’, dan mengetahui pula siapa diantara mereka yang tidak datang, indahnya budi pekerti sayyidina Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam.

Diriwayatkan ketika seorang budak wanita tua datang kepada Rasulullah dia bergetar ketika melihat kewibawaan rasulullah dan tidak bisa berbicara dihadapan beliau karena kewibawaan beliau.

Maka Rasulullah berkata, “jangan risau dan takut, katakanlah apa yang engkau inginkan, engkau tidak perlu datang kepadaku, jika engkau membutuhkanku dan engkau panggil aku maka aku pun akan datang kepadamu.”

Sebagaimana jika anak kecil menarik tangnnya dan mengajaknya bermain maka beliau pun akan ikut kemanapun mereka membawanya, sungguh indah akhlak beliau shallallahu ‘alaihi wasallam.

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment