Berita

Santri Banjiri Istighosah Kubro dalam Rangka Hari Santri Nasional 2018

ASWAJAONLINE.COM - Istighosah Kubro untuk Keselamatan dan Persatuan Bangsa
Written by Muhammad Arief

Ribuan kaum Nahdliyin, santri, dan masyarakat sudah mulai Stadion Gelora Delta Sidoarjo, sejak dini hari sebelum acara Istighosah Kubro dimulai.

aswajaonline.com - masyarakat sudah mulai berdatangan sejak jam 1 dini hari

Masyarakat sudah mulai berdatangan sejak jam 1 dini hari

Sampai pagi hari, tampak lautan manusia berseragam putih sudah membanjiri GOR Sidoarjo, terbagi jamaah putra dan putri.

Tema Istighosah

Ketua Panitia HSN 2018, Reza Ahmad Zahid mengatakan istighosah ini mengangkat tema “Istighosah Kubro untuk Keselamatan dan Persatuan Bangsa”. Banyaknya bencana yang melanda Indonesia akhir-akhir ini menjadi alasan diangkatnya tema ini.

“Berawal dari keprihatinan terhadap musibah yang bertubi tubi,” jelasnya saat konfrensi pers jelang HSN 2018 di kantor PWNU Jatim, Kamis (11/10/2018).

Sedangkan, lanjut Gus Reza tema Persatuan Bangsa dikatakan berangkat dari keprihatinan atas berita berita yang hadir tanpa dasar, atau disebut dengan hoaks yang dapat memecah belah Bangsa.

“Mereka (para kiai) resah,” paparnya

Perhelatan .HSN 2018 tersebut, ditargetkan akan diikuti sejuta umat. Mulai dari kiai, santri, dan juga masyarakat umum, diajak untuk mengikuti Istighosah Kubro untuk Keselamatan dan Persatuan Bangsa.

“Massa yang akan kami kerahkan sejuta umat. Dari para santri se-Jatim, kemudian masyarakat umum, para kyai, pejabat, kumpul bersama di lapangan Gor Sidoarjo,” paparnya.

ASWAJAONLINE.COM - Jutaan santri membanjiri stadion

Jutaan santri membanjiri stadion

Istighosah Kubro akan diawali dengan Kirab Santri, yang dijadwalkan akan dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo dan juga KH. Ma’ruf Amin. Tetapi dipastikan, hanya bendera merah putih dan bendera NU yang berkibar.

aswajaonline.com - KH Miftakhul Akhyar juga menghadiri acara tersebut

KH Miftakhul Akhyar juga menghadiri acara tersebut

“Ada kirab santri yang dipimpin Presiden pada pukul 05.30 WIB, dari alun alun meuju Gor. Tepat jam 07.00 WIB Istighosah dimulai, dan diperkirakan pukul 10.00 WIB selesai,” tutupnya.

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)