Berita

Selamat Hari Perempuan Sedunia

Hari Perempuan Sedunia - AswajaOnline.com
Written by Muhammad Arief

INTERNATIONAL WOMEN’S DAY, ASWAJAONLINE.COM- Selamat Hari Perempuan Internasional. Hari ini, 8 Maret 2016 adalah harinya kaum wanita. Tepat di hari ini adalah hari di mana segenap perempuan di seantero dunia memperingati International Women’s Day – Hari Perempuan Internasional.

Lalu Bagaimana Hari Perempuan diadakan untuk pertama kali? Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tanggal 8 Maret setiap tahun. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

Gagasan tentang perayaan ini pertama kali dikemukakan pada saat memasuki abad ke-20 di tengah-tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes-protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian. Di Barat, Hari Perempuan Internasional dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional.

Tak cuma kami, situs pencari Google turut mengingatkan Hari Perempuan Internasional lewat doodle spesial. Bahkan Google membuat animasi khusus untuk memperingati hari yang dikenal dengan International Women’s Day itu. Ucapan dan gambar bertema Hari Perempuan Internasional juga meluas di situs jejaring sosial. Beberapa pengguna Facebook dan Twitter berbagi ungkapan ucapan Hari Perempuan Internasional. Meme bertema Hari Perempuan Internasional turut menjadi bumbu di foto profil BlackBerry Messenger hari ini. “Hari Perempuan Internasional, perempuan Indonesia lebih tegar” kata Dewi Wijayanti melalui status BBM.

Berikut adalah video kiriman Google tentang Internaational Women’s Day:

About the author

Muhammad Arief

Ana al-faqiiru ilaa rohmati Robbih, santri Pondok Pesantren Nurul Hikmah yang selalu mengharapkan ampunan dan kasih sayangNya serta syafa'at baginda Nabi Muhammad shollallahu 'alaihi wasallam. Pecinta para ulama ahlussunnah wal jama'ah dan para habaib. Yang mau sholawatan, yuk japri ya :-)

Leave a Comment